Mechanical Engineering Ismanto Alpha's

Rabu, 20 Januari 2010

Mengenal Kemampuan Otak

OTAK manusia dibagi empat katagori (gelombang).

1. BETA (14-100 Hz)

Kondisi dimana manusia (kita) sepenuhnya dalam keadaan sadar.Pada saat itu otak didominasi logika. Logika adalah ilmu. Setiap ilmu memperlajari suatu gerak khusus dalam hubungannya dengan corak gerak material lainnya, dan berusaha untuk menemukan hukum-hukum umum dan corak tertentu dari gerakan tersebut. Atau dengan kata lain, logika adalah ilmu tentang proses berpikir. Seorang ahli logika mempelajari kegiatan-kegiatan proses berpikir yang ada di kepala setiap manusia dan mencoba merumuskan hukum-hukum, bentuk-bentuk dan inter-relasi pada semua proses mentalnya.
Ada dua tipe penting logika yang pernah muncul dalam dua tahap perkembangan ilmu logika –logika formal dan logika dialektik. Keduanya merupakan bentuk-bentuk perkembangan tertinggi gerak mental. Keduanya memiliki kesesuaian fungsinya—pengertian sadar terhadap semua bentuk gerak.
Biasanya, ketika seseorang berada di gelombang ini, maka otak kirinya aktif berpikir, melakukan konsentrasi. Implikasinya, gelombang otaknya akan meninggi.

2. ALPHA (8-13,9 Hz)

Kondisi alpha adalah kondisi paling penting untuk menembus pikiran bawah sadar. Dalam kondisi alpha kita bisa membuka pintu gerbang menuju 88 persen kekuatan alam bawah sadar. Kondisi alpha adalah kondisi sangat releks. Misalnya, ketika kita sedang menghayal atau melamun.
Dua hal inilah yang kerap dialami manusia ketika seseorang sedang menghadapi masalah atau tatkala semua keinginannya belum kesampaian. Sejumlah ahli mengatakan, dalam sehari seseorang memasuki wilayah melamun sekitar sepertiga sampai setengah jam sadarnya. Biasanya, satu lamunan tidak ada yang bertahan lama. Paling tidak hanya beberapa menit.
Sebagian besar manusia berpendapat, melamun sering dianggap sebagai kegiatan negatif karena selain menghabiskan waktu, pikiran diseret kemana-mana tanpa ada ujung pangkalnya. Meski, dianggap banyak ruginya, akan tetapi secara mental, melamun memiliki banyak keuntungan. Di antaranya:

A. Bersantai Ria
Melamun sama dengan melakukan meditasi. Dengan begitu, pikiran akan teritirahatkan untuk sementara waktu. Selain itu bisa berguna untuk mengendalikan kecemasan serta phobia.

B. Bisa Mengendalikan Konflik
Melamun bisa mengendalikan konflik dalam diri seseorang. Manusia cenderung memutar kembali peristiwa-peristiwa yang dialaminya dan berusaha mencari jalan keluar ketika konflik itu terjadi.

C. Bisa Memperbaiki Kualitas Hubungan (pacar, istri, teman dan lain-lain)

D. Meningkatkan Produktifitas
Saat Anda penat dengan segala daftar pekerjaan harian Anda, ada baiknya luangkan sedikit waktu untuk melamun. Mengkhayalkan hal indah dan menyenangkan bisa membuat pikiran segar kembali dan tak terlalu pusing. Lakukan beberapa menit saja cukup untuk membuat pekerjaan Anda rampung dengan semangat kembali membara.

E. Menambah Nilai dan Percaya Diri
Jika Anda membayangkan suatu skenario tentang sesuatu yang Anda coba lakukan, tingkat kepercayaan diri Anda akan terus meningkat seiring mantapnya pikiran Anda. Dengan cara seperti itu Anda juga bisa lebih peka mengenal diri Anda sendiri dan bisa menetapkan standar yang lebih baik.

F. Membantu Pencapaian Target
Setiap kegiatan pasti punya target yang ingin dicapai. Keindahan dalam melamun adalah tak ada hal yang mustahil. Anda bisa membayangkan pencapaian keberhasilan saat Anda melakukan suatu tugas. Metode ini juga dipakai para atlet untuk membantu performance mereka. Latihan fisik penting namun mental juga harus dilatih untuk membantu mencapai target.

G. Melepas Bosan
Pekerjaan yang monoton seringkali menggunakan melamun untuk menjaga pikiran mereka terus terstimulasi. Dengan melamun hari itu tak lagi begitu membosankannya.

3. THETA (4-7,9 Hz)
Kondisi theta adalah kondisi dimana manusia sedang tertidur pulas (saat bermimpi). Ketika itulah pikiran menjadi kreatif dan ispiratif. Dalam keadaan theta,pikiran manusia menjadi sangat jernih, sangat khusuk. Saat itulah terjadi relaksasi yang dalam, karena indra keenam atau intuisi sedang berjalan. Ketika kondisi semacam itu terjadi, manusia tidak merasakan kondisi fisiknya.

4. DELTA (0,1-3,9 Hz)
Kondisi delta adalah kondisi pada saat manusia sedang tertidur pulas tanpa mimpi.Kondisi Delta diperlukan oleh tubuh. Dalam kondisi itu tubuh aktif mengganti sel-sel yang rusak dan melakukan peremajaan terhadap sel-sel tubuh lainnya.

http://bechiblog.com/2007/12/23/mengenal-kemampuan-otak/
posted by IsmantoAlpha's at 16.42

0 Comments:

Poskan Komentar

<< Home